Tahap Akhir menuju Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama (SAPM) Pengadilan Agama Blitar

Pagi yang cerah pada hari Rabu tanggal 15 Nopember 2017 tepatnya pukul 08.00 WIB Pengadilan Agama Blitar mendapatkan kunjungan istimewa dari tamu yang sangat ditunggu kedatangannya oleh keluarga besar Pengadilan Agama Blitar selama proses Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama (SAPM). Tamu istimewa tersebut adalah TIM Komite Badan Peradilan Agama (Badilag) yang Alhamdulillah hadir bersama TIM SAPM Pengadilan Tinggi Agama Surabaya. TIM Komite Badilag dipimpin oleh Ibu Hj. Umiyati, SH, dan didampingi oleh Ibu Dra, Hj. Zulaecho, M.H. sebagai ketua SAPM Pengadilan Tinggi Agama Surabaya beserta 2 orang anggotanya yaitu bapak H. Syaifuddin Latief, S.H dan Ibu Hj. Diah Anggraeni, S.H., M.H.

Kunjungan TIM Komite Badilag ke PA Blitar tidak lain ingin memastikan bahwa ketersediaan sarana prasarana di Pengadilan Agama Blitar memadai guna terlaksananya pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan. Ketersediaan sarana prasarana juga merupakan salah satu point persyaratan dalam pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan agama (SAPM).

Tim Komite Badilag memasuki setiap ruangan Pengadilan Agama Blitar, melihat satu persatu sarana dan prasarana yang ada pada Pengadilan Agama Blitar. Meliputi ruangan Ketua, ruangan Wakil Ketua, ruangan Hakim, ruangan Panitera, ruangan Sekretaris, serta seluruh ruangan Pegawai di PA Blitar ini utamanya sarana dan Prasarana publik seperti, Ruang Tunggu Para Pihak, Toilet, Mushola, serta fasilitas-fasilitas lain telah dipantau oleh Tim Komite Badilag. Selain itu Tim Komite Badilag juga menilai ketersediaan instrument-instrumen yang ada pada setiap lini pelayanan, karena pelayanan dibidang administrasi perkara merupakan Core Bisnis dari Pengadilan Agama, sehingga semua harus berjalan sebaik mungkin demi pelayanan prima kepada Para Pencari Keadilan.

 

Setelah selesai berkeliling diseluruh ruangan pada Pengadilan Agama Blitar, tim Komite Badilag yang didampingi oleh unsur Pimpinan Pengadilan Agama Blitar melaksanakan Ekspose dan Pengarahan mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Selanjutnya dilakukan serah terima Berita Acara hasil peninjauan sarana prasarana yang diserahkan langsung oleh Ibu Hj. Umiyati, SH selaku Ketua TIM Komite Badilag, dan diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Blitar dan didampingi Wakil ketua, serta Panitera dan Sekretaris.

 

Selanjutnya tepat pukul 13.30 WIB TIM Komite Badilag dan TIM SAPM Pengadilan Tinggi Agama Surabaya meninggalkan Pengadilan Agama Blitar selanjutnya menuju Pengadilan Agama Kabupaten Malang.

Leave a Reply